9 Cara Mengatasi Blokir IMEI, Solusi IMEI Terblokir yang Ampuh

9 Cara Mengatasi Blokir IMEI, Solusi IMEI Terblokir yang Ampuh -  Sejak Tahun 2020, Pemerintah Indonesia sudah menetapkan Aturan Blokir IMEI yang bertujuan untuk mengatur Peredaran Smartphone Ilegal atau Black Market.

Akibat dari peraturan ini, banyak pengguna smartphone yang IMEInya tidak terdaftar secara resmi, tidak bisa terhubung ke Jaringan Operator Seluler Indonesia. 

Cara Mengatasi Blokir IMEI

Meski begitu, ternyata masih banyak yang belum paham tentang aturan ini dan mencoba mencari cara mengatasi IMEI Terblokir karena ingin tetap menggunakan smartphone mereka yang kemungkinan Ilegal atau Black Market.

Berikut ini tutorial membuka blokir IMEI yang berhasil @gadget_exinternet - www.exinter.net rangkum dari Google dan sumber lainnya di Internet, apakah ada yang works?

1. Menggunakan Smartfren

Beberapa operator seluler seperti By.u dan XL kabarnya masih bisa digunakan di beberapa HP Ex Inter, tapi yang paling ampuh dan banyak digunakan adalah Smartfren.

Sampai saat ini belum ada penjelasan kenapa hanya Smartfren yang bisa digunakan pada iPhone Ex Inter dan android Ex inter yang sudah terblokir Imeinya.

Ada isu yang beredar bahwa Smartfren memiliki sistem Blacklist IMEI yang berbeda dengan operator seluler lainnya, atau mungkin saja ini hanya masalah waktur karena Database pengguna jaringan seluler tentunya berisi banyak data,.

Jika data-data tersebut benar-benar sudah terinput semua. maka bukan tidak mungkin jika hp black market juga tidak akan bisa menggunakan smartfren lagi.

Bahkan beberapa waktu sebelum artikel ini ditulis, sudah cukup banyak konten-konten di sosial media yang menyampaikan bahwa ponsel ex inter sudah tidak bisa menggunakan smartfren.

2. On/Off Mode Pesawat

Ada beberapa artikel tutorial, maupun konten tutorial yang kabarnya sinyal dari hp ex inter yang imei diblokir, bisa kembali muncul menggunakan metode On/Off Mode Pesawat.

Kabarnya dengan cara membuka Setelan => Pilih Jaringan => lalu pilih Jaringan yang 3G => lalu Nyalakan dan Matikan Mode Pesawat

Tapi menurut Tim @gadget_exinternet - www.exinter.net, ini bukanlah Solusi IMEI Terblokir yang ampuh agar sinyalnya muncul kembali.

3. Menggunakan eSIM

Beberapa smartphone sudah mendukung fitur eSIM, dengan menggunakan eSIM.. kamu tidak perlu menggunakan Sim Fisik untuk nomor telfon dan berlangganan paket Internet.

Berdasarkan tutorial yang pernah Tim Kami temukan, ada sejumlah operator eSIM yang tetap bisa digunakan pada hp ex inter dengan imei diblokir.

Bisa jadi ini merupakan solusi IMEI terblokir agar bisa tetap terhubung ke Internet tanpa harus menggunakan Wifi.

Namun, bisa saja ini hanyalah solusi sementara, karena pada akhirnya semua badan usaha yang berjalan di Indonesia harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku di Indonesiaa, termasuk perihal Aturan Blokir IMEI untuk ponsel Ilegal.

4. Jasa Unblock IMEI

Sejak awal pemberlakuan aturan pemblokiran, muncul oknum-oknum yang membuka Jasa Unlock IMEI agar bisa kembali digunakan dan terhubung ke jaringan seluler.

Biasanya mereka menawarkan Jasa Membuka Imei Terblokir tersebut dengan rentang waktu tertentu, mulai dari 3 Bulan. 6 Bulan, 1 Tahun hingga Permanen.

Tapi apakah ini Legal? tentu saja tidak, ini merupakan tindakan ilegal dari oknum-oknum tertentu yang memiliki akses ke Sistem CEIR.

Dan pada bulan Juli Tahun 2023... Pemerintah Indonesia mulai menangkap oknum-oknum "Mafia IMEI" yang melakukan pelanggaran-pelanggaran tersebut.

Dengan menggunakan Jasa Unblock Imei bukan hanya memiliki resiko suatu waktu Imei kalian kembali diblokir karena diketahui melakukan kecurangan, tapi bisa saja kalian ikut terdakwa sebagai pelaku kecurangan.

Jadi sebaiknya hindari tindakan-tindakan yang melanggar hukum seperti ini.

5. Rewrite IMEI

Salah satu cara membuka imei terblokir yang sering dilakukan oleh pengguna Android khususnya user Google Pixel adalah Rewrite Imei.

Android dikenal dengan sistemnya yang Open Source dimana semua orang bisa ikut mengembangkan dan memodifikasi sistemnya.

Dan entah bagaimana, user Google Pixel berhasil menemukan cara untuk merubah nomor IMEI di smartphone mereka menggunakan akses root.

Dimana mereka akan menduplikasi IMEI dari handphone lain yang resmi atau tidak terblokir serial numbernya, lalu serial number tersebut ditulis ulang atau dimasukkan ke Google Pixel mereka.

Tapi apakah cara ini aman? tentu saja tidak! ini merupakan tindakan ilegal yang setiap negara sudah memiliki aturannya masing-masing terkait merubah nomor Imei.

Jika kalian ingin lebih memahami Keuntungan dan Bahaya merubah Imei, kalian bisa baca artikel berikut ini => Rewrite IMEI : Merubah dan Duplikasi IMEI? apa Manfaat dan Kerugiannya?

6. Manfaatkan Wifi

Jika poin nomor 1 sampai 5 tidak bisa menjadi solusi, maka sudah dapat dipastikan bahwa hp inter kalian hanya bisa terhubung ke Internet melalui Jaringan Wifi.

Kalian hanya bisa memanfaatkan Wifi di rumah kalian, di sekolah kalian, di kampus kalian di kantor kalian, dan berbagai fasilitas umum lainnya yang menyediakan jaringan wifi secara gratis ataupun berbayar.

Tentunya ini merepotkan, jika sewaktu-waktu kalian sedang berada di tempat yang tidak tersedia Wifi padahal kalian perlu mengakses Internet, jika kalian khawatir dengan kondisi seperti ini.. silahkan simak tutorial pada nomor 7 di bawah ini.

7. Perangkat Mifi

MiFi adalah modem portabel yang juga bisa digunakan sebagai router wifi portabel. Kamu cukup memasukkan sim seluler yang sudah berisi paket kuota internet ke perangkat mifi, dan kamu sudah memiliki WiFi yang buka kamu bawa dan gunakan kemana saja.

Untuk sumber daya menggunakan sistem baterai yang bisa diisi ulang atau charge, sehingga kalian tidak perlu takut kehabisan daya selama kalian membawa charger handphone. Jika memungkinkan, kalian bisa menggunakan Mifi sambil dicharge apabila tidak sedang berpergian.

Namun belum tentu semua orang bisa membeli perangkat Mifi, walaupun harganya hanya berkisar 500ribuan (atau bahkan bisa lebih murah), tetapi tidak semua orang mampu membelinya, bahkan yang mampu pun belum tentu mau membelinya.

Jika kalian tidak ingin membeli perangkat Mifi, silahkan simak tutorial pada no 8 di bawah ini.

8. Thetering Hotspot

Smartphone Android dan iOS sudah memiliki fitur Hotspot Thetering, dimana dengan fitur tersebut.. pemilik hp bisa membagikan sinyal internet kepada pengguna lain. Atau singkatnya kalian bisa menjadikan HP kalian sebagai pemancara Wifi.

Dengan cara ini, kalian yang memiliki dua hp.. bisa menggunakan salah satu hp kalian sebagai sumber jaringan internet untuk hp kalian yang Imeinya terblokir.

Tapi jika kalian hanya punya 1 hp, maka kalian hanya bisa berharap ada teman dermawan yang mau memberikan thetering hotspot kepada kalian.

9. Beli HP Baru

Berdasarkan tutorial nomo 1-8, kesimpulannya tidak ada cara untuk membuka blokir Imei. Oleh karena itu solusi paling terakhir adalah jual hp kalian dan beli HP Baru yang resmi.

Mari kita dukung Pemerintah dalam mewujudkan perubahan khususnya dalam mengatasi peredaran smartphone ilegal.