Rewrite IMEI : Merubah dan Duplikasi IMEI? apa Manfaat dan Kerugiannya?

Rewrite IMEI : Merubah dan Duplikasi IMEI? apa Manfaat dan Kerugiannya? - IMEI atau International Mobile Equipment Identity memang menjadi hal yang paling penting di perangkat seluler.

Bahkan Pemerintah Indonesia akhirnya mengambil Tindakan Blokir IMEI untuk menanggulangi masalah peredaran smartphone ilegal yang sangat besar di Indonesia.

Rewrite IMEI

Kali ini @gadget_exinternet - www.exinter.net ingin membagikan info tentang apa itu Rewrite Imei? Bagaimana Cara Rewrite Imei? Apa Manfaat Rewrite IMEI? dan Apa kerugian rewrite IMEI?

Berikut ini pembahasannya :

Apa itu Rewrite IMEI?

Rewrite IMEI adalah metode atau proses untuk merubah mengganti Nomor Imei di Smartphone atau Ponsel Pintar yang kalian gunakan, dengan tujuan tertentu.

Di Indonesia sendiri Rewrite Imei dilakukan kebanyakan oleh pengguna HP Android Ex-Inter, khususnya Google Pixel, dimana kebanyakan Smartphone Android Google Pixel merupakan ponsel bekas pakai dari luar negeri seperti Jepang.

Alasan mereka melakukan rewrite imei karena Pemerintah Indonesia sudah menerapakan peraturan Blokir IMEI untuk semua ponsel ilegal atau black market, yang masuk ke Indonesia tanpa melalui Importir Resmi atau proses resmi lainnya yang mengharuskan pembayaran pajak untuk barang tersebut.

Setelah Imei terkena Blokir, para pemilik android Ex-Inter tidak akan bisa menggunakan operator seluler apapun, sehingga hanya memungkinkan mereka menggunakan Wifi untuk terhubung ke jaringan dan melakukan aktifitas yang membutuhkan jaringan internet.

Karena alasan itulah, mereka melakukan Rewrite Imei dengan tujuan HP android mereka dapat menggunakan sim seluler lagi.

Bagaimana Cara Rewrite IMEI?

Sejauh yang Tim @gadget_exinternet - www.exinter.net ketahui, sejauh ini smartphone android yang bisa melakukan rewrite imei adalah Google Pixel, namun terbatas hanya pada Pixel 5 series ke bawah yang masih menggunakan Chipset snapdragon.

Karena untuk Google Pixel yang menggunakan chipset Google Tensor kabarnya tidak bisa di rewrite imenya.

Dan sudah banyak user di Komunitas Google Pixel ini yang melakukan rewrite imei, bahkan banyak penjual di marketplace atau online shop lainnya yang melakukan hal ini untuk barang dagangan mereka agar tetap bisa terjual.

Biasanya user google pixel akan melakukan proses root di smartphone mereka untuk membuka akses keseluruhan sistem. lalu menulis ulang serial number hp mereka, mereka akan mengganti imei yang ada di HP mereka dengan cara menduplikasi, atau meniru IMEI dari smartphone lain yang imeinya resmi atau tidak terblokir.

Misalkan mereka punya 2 handphone, pertama adalah Google Pixel Ex-Inter yang Imeinya terblokir dan Samsung Galaxy yang anda beli secara resmi di Indonesia.

Mereka akan merubah imei di google pixel mereka, dengan cara memasukkan Imei dari Samsung Galaxy tersebut.

Sebenarnya apa saja sih manfaat rewrite imei? kenapa banyak yang melakukannya? simak pembahasannya di bawah ini.

Manfaat Rewrite Imei

Pastinya anda masih penasaran bukan tentang kelebihan rewrite imei? kira-kira apa saja sih manfaatnya?

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Blokir IMEI, Solusi IMEI Terblokir yang Ampuh

1. Solusi Imei yang Terblokir

Rewrite Imei memang menjadi sebuah solusi bagi para pengguna hp ex inter yang terkenal blokir Imei, karena sejauh ini Pemerintah Indonesia khususnya Bea Cukai mengatakan bahwa smartphone ilegal atau black market yang sudah masuk Indonesia dan terkena dampat dari pemberlakukan peraturan blokir Imei maka sudah tidak dapat diupayakan agar terbebas atau terbuka blokirnya.

Dengan kata lain, smartphone yang sudah terblokir imeinya tidak akan bisa digunakan lagi, kecuali terhubung ke jaringan internet melalui jaringan wifi.

2. Handphone dapat Menggunakan Jaringan Seluler lagi

Yah.. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa melakukan rewrite imei secara singkatnya adalah merubah imei di handphone yang terblokir menggunakan imei dari handphone lain yang tidak terblokir.

Sehingga di database layanan jaringan seluler dan Pemerintah Indonesia, handphone yang terblokir tersebut akan terdeteksi sebagai handphone lain (yang tidak terblokir), alhasil user android ex inter tersebut bisa menggunakan operator seluler kembali.

3. Tidak Perlu membayar Pajak

Dengan adanya metode rewrite imei ini, memungkinkan para user hp ex inter untuk tetap membali android ex inter yang memang harganya jauh lebih murah karena tidak perlu membayar pajak masuk di bea cukai.

4. Tidak Perlu ganti HP

Bagi user yang sudah terlanjur membeli smartphone bekas inter, mereka tidak perlu ganti hp baru karena ponsel mereka masih bisa digunakan lagi.

Kerugian Rewrite Imei

Memang cara rewrite imei bisa menjadi solusi bagi pengguna smartphone yang jaringanya terblokir, namun apakah ini cara yang benar? apakah ada kerugian rewrite imei? atau dampak buruk lainnya? simak pembahasannya di bawah ini.

1. Apa kekurangan Rewrite Imei?

Melakukan Rewrite Imei berarti harus membuka akses root di android terlebih dahulu, walaupun rooting androin memiliki banyak manfaat yang memungkinkan kita mengeksplor lebih ke sistem android.

Namun kenyataannya hal ini akan memberikan efek domino secara negatif, antara lain :

  • Tidak Dapat Menggunakan Mbanking : Meski sudah ada banyak cara bagi pelaku root untuk memanipulasi aplikasi-aplikasi mbanking agar ponsel mereka tidak terdeteksi sudah melakukan root, namun kenyataanya aplikasi mbankin semakin hari juga semakin diupdate agar bisa mendeteksi android yang melakukan root. Jika anda melakukan Rewrite Imei maka harus rooting android dahulu, sementara jika sudah membuka akses root maka kalian harus siap jika sewaktu-waktu tidak dapat menggunakan aplikasi mbanking terlebih dahulu.
  • Android Tidak Dapat Direset : Kalian tidak boleh mereset android kalian dengan alasan apapun, karena mereset android akan mengembalikan semua settingan yang sudah kalian lakukan, dengan mereset ponsel maka imei yang sebelumnya sudah kalian rubah akan kembali seperti semua, atau resiko paling bahayanya justru akan hilang secara menyeluruh dan smartphone tidak akan bisa menggunakan sim seluler lagi.
  • Android Tidak Dapat Diupdate : Umumnya brand smartphone akan terus melakukan update android untuk smartphone buatan mereka untuk jangka waktu tertentu, jika kalian sudah melakukan rewrite imei maka kalian sudah melakukan rooting, jika android sudah diroot biasanya tidak akan mendapat update lagi. Yang menjadikan smartphone kalian rentan terhadap virus, bug bahkan peretasan.

2. Apakah Rewrite Imei itu Legal?

Nah.. ini merupakan fakta yang jarang diketahui, bahwa proses rewrite imei merupakan hal yang ilegal dan dilarang di setiap Negara. Setiap Negara memiliki peraturan, hukum dan undang-undangnya masing-masing yang melarang tindakan ilegal seperti merubah Imei.

Jadi jika kalian menulis ulang nomor serial number di smartphone kalian, maka kalian harus siap dengan resiko terburuk yaitu terjerat hukum.

3. Apa bahaya Rewrite Imei?

Seperti yang sudah dibahas di dua poin sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa tindakan menulis ulang imei merupakan hal yang BERBAHAYA.

Apa bahayanya? mulai dari tidak dapat mengguakan mbanking hingga tidak mendapat update sistem android yang menjadikan ponsel menjadi rentan terkena virus, bug bahkan peretasa, karena saat ingin mengubah imei hp kalian harus melakukan root.

Selain itu ponsel tidak boleh direset, dimana ini akan menyulitkan para pengguna android yang awam dengan modifikasi sistem, jika suatu saat mereka harus melakukan reset karena kebutuhan tertentu ternyata setelah direset hp jadi tidak digunakan untuk komunikasi.

Selain itu, ini merupakan tindakan ilegal yang bisa saja suatu saat Pemerintah Indonesia mengambil tindakan tegas untuk mengatasi kasus ini sehingga memungkinkan pelaku yang mengubah nomor imei terjerat hukum dan dipidanakan.

4. Imei Rewrite dan Asli akan Terblokir

Jika praktek ilegal seperti ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin suatu saat pemerintah juga akan mengambil tindakan tegas. Mungkin saja mereka akan kembali bekerja sama dengan pihak Operator Seluler untuk mendeteksi adanya duplikasi Imei.

Baca Juga : Mengenal EIR dan CEIR, Database Pemblokir HP Ilegal di Indonesia?

Yang dikhawatirkan Imei hasil duplikasi tersebut akan terblokir dan smartphone resmi yang Imeinya digunakan untuk rewrite di ponsel ilegal akan ikut terblokir juga.

**Catatan : Artikel ini hanya bersifat informatif saja, dengan tujuan menambah wawasan pembaca, dan semoga menjadikan pengguna smartphone resmi menjadi lebih aware untuk menjaga kerahasiaan Imei mereka agar tidak ditiru, diduplikasi atau dimanfaatkan oleh oknum nakal/tidak berwajib untuk digunakan dan ditulis ulang di ponsel ilegal atau black market.