Cara Membuat Bootable Windows dengan Rufus

Cara Membuat Bootable Windows dengan Rufus - Ketika kita akan menginstall ulang komputer atau laptop, kita pasti membutuhkan sebuah perangkat bootable. Sebenarnya untuk Windows sendiri sudah memiliki Media Creation Tool untuk membuat bootable drive.

Sayangnya membuat usb booatble windows dengan Media Creation Tool memiliki proses yang lama karena harus mengunduh file ISO Windows setiap kali membuat bootable.

Cara Membuat Bootable Windows

Oleh karena itu, membuat bootable Windows secara "traditional" tanpa Media Creation Tool, jauh lebih mudah dan minim resiko gagal.

Karena File ISO Windows cukup di download sekali dan bisa digunakan untuk membuat bootable berkali-kali.

Jika kalian belum memiliki Disk Image Windows, pastikan kalian sudah mengunduhnya dulu, jika kalian butuh ISO File Windows Original, silahkan cek artikel berikut ini => Cara Download Windows Original Gratis dari Microsoft

Sebenarnya ada banyak cara dan software untuk Create bootable USB Drive, namun sepengalaman Tim @gadget_exinter - www.exinter.net, aplikasi Rufus merupakan yang paling mudah digunakan, khususnya untuk pemula.

Berikut ini cara membuat bootable windows dengan Rufus :

  • Download Rufus terlebih dahulu melalui halaman resminya di sini => https://rufus.ie/en/
  • Jika sudah, Buka Aplikasinya dan nanti akan muncul tampilan seperti ini :


  • Pada kolom Device => Pilih Flashdisk yang ingin kalian jadikan Bootable Drive Windows, biasanya langsung terdeteksi secara otomatis.
  • Pada Kolom Boot Selection => Disk or ISO image => Klik tombol Select
  • Nanti akan muncul "Jendela" untuk mencari File ISO Windows yang sudah kalian Download => Klik File-nya => Lalu klik Open seperti pada gambar berikut ini :

  • Selebihnya settingan yang lain akan terisi secara otomatis, dan kalian cukup Klik Start yang ada di sebelah Close.
  • Tunggu hingga proses Format Flashdisk selesai.

Jika sudah, tutup Aplikasi Rufus dan kalian bisa menggunakan Flashdisk tersebut untuk Install Ulang Windows.

Bagaimana? mudah bukan?

Kelebihan Rufus dibanding Media Creation Tool Windows

  • Tidak butuh Koneksi Internet : Kalian tidak butuh koneksi Internet karna File ISO Windows sudah kalian download lebih dahulu, berbeda dengan Media Creation Tool yang harus mengunduh windows setiap membuat bootable drive
  • Waktu yang dibutuhkan Lebih Cepat : Proses format flashdisk agar bisa digunakan sebagai bootable juga lebih cepat dibanding Media Creation Tool, karena dilakukan secara offline dan tidak membutuhkan koneksi internet
  • Resiko Gagal Lebih Kecil : Jika menggunakan Media Creation Tool untuk membuat bootable, kalian membutuhkan koneksi internet yang baik dan stabil, sehingga jika koneksinya buruk dan proses gagal, maka kalian harus kembali mendownload ulang file windows dan menjadikan proses pembuatan bootable semakin lama.

Aktivasi Windows dengan Product Key Original Gratis dari Microsoft

Jika kalian sudah selesai melakukan install windows, kalian perlu melakukan aktivasi agar fitur-fitur di Windows bisa kalian gunakan semuanya.

Biasanya orang-orang cenderung menggunakan lisensi ba-ja-kan atau aplikasi pembuat Licence Key Windows palsu dan cara-cara curang lainnya. Karena tidak mau membeli Product Key Original Windows yang dianggap terlalu mahal.

Namun. tahukah kalian bahwa Microsoft juga menyediakan lisensi windows gratis yang bisa kalian gunakan untuk melakukan aktivasi, silahkan cek artikel berikut ini => Cara Aktivasi Windows : Product Key Original Gratis dari Microsot